Perang Kera dan Raksasa di Pasutan Bantul

Author:editorTembi / Date:07-08-2014 / Gerak tari kera (wanara) dan raksasa (buto) menjadi tontonan utama, terutama saat perkelahian di antara mereka. Lakon yang dibawakan memang berdasarkan kisah Ramayana, yang mengambil adegan pertempuran antara pasukan kera dan raksasa.

Reog Kubro, Ramayana, Anoman, Wanara, Rahwana, Raksasa, Pasutan, Bantul, 31 Juli 2014
Anoman keluar dari gubuk yang dibakar raksasa

Dikeroyok para raksasa, Anoman jatuh tergeletak. Dalam keadaan tidak berdaya, ia digotong dengan tandu, dan disorongkan ke dalam gubuk jerami. Para raksasa segera membakar gubuk tersebut. Api mulai menjilati jerami. Tiba-tiba gubuk rubuh, dan Anoman meloncat keluar. Tenaga sang kera putih seperti kembali berlipat ganda. Dihajarnya para raksasa yang sontak jatuh terjengkang.

Begitulah adegan menjelang penutup pementasan Reog Kubro di Lapangan Pasutan, Bantul, 31 Juli 2014. Gerak tari kera (wanara) dan raksasa (buto) menjadi tontonan utama, terutama saat perkelahian di antara mereka. Lakon yang dibawakan memang berdasarkan kisah Ramayana, yang mengambil adegan pertempuran antara pasukan kera dan raksasa. Pada pementasan kali ini ada 26 orang pemain yang terlibat, dibagi 13 pemeran kera dan 13 pemeran raksasa, ditambah 4 orang punakawan. Di antara para raksasa, terlihat Buto Terong, raksasa berhidung besar yang terkenal itu.

Reog Kubro, Ramayana, Anoman, Wanara, Rahwana, Raksasa, Pasutan, Bantul, 31 Juli 2014
Sebanyak 26 pemain Reog Kubro menari di Lapangan Pasutan

Pementasan dimulai dengan gerak tarian masing-masing pemain. Gerakannya sederhana dalam tempo lambat. Diiringi musik yang repetitif, pengulangan nada yang monoton namun bisa menyebabkan ekstase, setidaknya menciptakan atmosfir mistis. Dominasi perkusi yang tidak melodius terus menyentak.

Dinamika terasa saat ada “perkelahian bebas”, bukan stilisasi laga bertempo lamban. Misalnya, raksasa yang berlari kencang lantas melayangkan tendangan ke dada lawan. Begitu pula sebaliknya, pola tendangan kawan si kera yang meloncat ke arah dada si raksasa. Adegan atraktif lainnya adalah ketika para kera menaiki punggung para raksasa, yang sayangnya hanya berdurasi singkat. Adegan ini bisa lebih menarik jika digarap lebih jauh. Kelincahan kera sebenarnya modal pertunjukan yang menarik, seperti ketika beberapa kera melakukan salto dari depan ke belakang, atau salto ke samping, yang sayangnya juga sebentar.

Reog Kubro, Ramayana, Anoman, Wanara, Rahwana, Raksasa, Pasutan, Bantul, 31 Juli 2014
Para kera melompat dan menaiki punggung para raksasa

Pementasan ini dilakukan dua kali, masing-masing dengan durasi sekitar setengah jam lebih, disela jeda lebih dari satu jam. Saat matahari nyaris rubuh ke barat pengadeganan telah selesai namun pementasan masih terus berlangsung, karena satu demi satu pemain mulai ‘ndadi’ (kesurupan). Dimulai dengan adegan pemain tergeletak lemas lantas dibantu berdiri dan mulai menari dengan gaya estetik yang lebih bebas. Dengan pandangan kosong mereka memakan kembang dua rupa. Ini pertunjukan lain yang juga ditunggu-tunggu penonton, yang biasanya membuat merinding. Para pawang cukup berpeluh saat memulihkan para pemain satu per satu, dimulai dengan menekuk jatuh si pemain sehingga tidak bisa bergerak lantas dipegang dahinya untuk disadarkan.

Pementasan ini diselenggarakan setiap bulan Syawal. Reog Kubro, sebagaimana dijelaskan dalam blog-nya, berdiri pada tahun 1998. Namun baru pada tahun 2004 mereka merancang tarian baru, Reog Wanara Kubro, tarian kera dan raksasa yang terus dibawakan hingga kini.

Reog Kubro, Ramayana, Anoman, Wanara, Rahwana, Raksasa, Pasutan, Bantul, 31 Juli 2014
Pasukan raksasa dan kera berlarian, siap bertempur

Pemain Reog Kubro adalah warga Pasutan, demikian pula penyelenggaranya adalah Persatuan Pemuda Pasutan (Pendapa). Pada tahun 2007, Reog Kubro menjadi salah satu penerima penghargaan Seni dan Budaya dari Pemerintah Kabupaten Bantul.

Naskah dan foto: Barata

Berita budaya

Latest News

  • 09-08-14

    Songket Silungkang W

    Judul : Songket Silungkang Warisan Budaya Kota Tua Sawahlunto  Penulis : Judi Achjadi, Benny Gratha  Penerbit : Museum Tekstil, 2013... more »
  • 09-08-14

    Hari Baik Orang Wuku

    Hubungan antara Raden Manahil dan Batara Citragatra ini seperti hubungan antara guru dan murid. Sehingga watak dan perilaku gurunya sebagian besar... more »
  • 09-08-14

    Denmas Bekel 09 Agus

    more »
  • 08-08-14

    Butah dan Balayung,

    Itulah sebagian benda koleksi asli warisan suku Dayak Kalimantan yang dipamerkan oleh Museum Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan dalam acara Benteng... more »
  • 08-08-14

    Industri Gula Jawa S

    Foto ini menyuguhkan tingkat teknologi sederhana di masa itu. Tenaga hewan masih menjadi andalan. Kayu dan batu masih mendominasi sistem peralatan (... more »
  • 07-08-14

    Denmas Bekel 7 Agust

    more »
  • 07-08-14

    Bakda Kupat Kampung

    Bakda Kupat merupakan tradisi hasil akulturasi budaya Islam dan Nusantara, khususnya Jawa. Khusus untuk Kampung Pandeyan, Bakda Kupat dimeriahkan... more »
  • 07-08-14

    Mengenang Linus: Sol

    Bakdi Sumanto melihat bahwa Linus awalnya sebagai seorang penyair liris yang kuat. Puisi-puisi yang ditulis pada awal dia mulai menapaki jagat... more »
  • 07-08-14

    Perang Kera dan Raks

    Gerak tari kera (wanara) dan raksasa (buto) menjadi tontonan utama, terutama saat perkelahian di antara mereka. Lakon yang dibawakan memang... more »
  • 06-08-14

    Apakah Mereka Mata-m

    Judul : Apakah Mereka Mata-mata? Orang-orang Jepang di Indonesia (1868-1942)  Penulis : Meta Sekar Puji Astuti  Penerbit : Ombak,... more »