Situs-Situs

SENDANG BUBARAN
MEMUNCULKAN LEGENDA KELAHIRAN UNTUNG SURAPATI

Keletakan

SENDANG BUBARAN MEMUNCULKAN LEGENDA KELAHIRAN UNTUNG SURAPATI

Secara administratis Sendang Bubaran terletak di Dusun Banyuurip, Kalurahan Triharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Propinsi DIY.

Kondisi Fisik

Sendang Bubaran sebenarnya merupakan bagian dari ruas sebuah sungai kecil yang melintas di tengah Dusun Banyuurip. Ruas sungai kecil ini jika sedang musim penghujan akan tergenang air. Namun jika musim kemarau debit air yang menggenanginya akan sangat susut bahkan sering menjadi kering. Panjang ruas sungai yang disebut sebagai Sendang Bubaran itu kurang lebih 15 meter. Sedangkan lebar ruas tersebut sekitar 3-4 meter. Kedalaman air dalam kondisi musim penghujan jika diukur dari kedalaman yang paling dalam sekitar 1 meter.

SENDANG BUBARAN MEMUNCULKAN LEGENDA KELAHIRAN UNTUNG SURAPATI

Sisi barat selatan dari Sendang Bubaran merupakan tebing yang tidak terlalu tinggi. Sedangkan sepanjang ruas sisi timurnya merupakan tanah dataran yang sebagian besar merupakan kebun atau ladang penduduk. Ruas Sendang Bubaran ini pada masa lalu dinaungi oleh pepohonan yang cukup besar. Akan tetapi beberapa pohon tersebut sekarang telah mati.

Oleh karena kondisinya yang sesungguhnya merupakan sungai kecil atau saluran irigasi itu, maka air dari Sendang Bubaran memang lebih difungsikan untuk mengairi areal persawahan yang dilaluinya. Kondisi air dari Sendang Bubaran hampir selalu berwarna keruh karena alirannya melalui pegunungan kapur. Erosi dan sedimen yang berasal dari hulu menyebabkan warna airnya menjadi seperti tersebut di atas.

SENDANG BUBARAN MEMUNCULKAN LEGENDA KELAHIRAN UNTUNG SURAPATI

Bersambung

a.sartono