Situs-Situs

PESANGGRAHAN AMBARUKMA: GANDHOK
(4)

PESANGGRAHAN AMBARUKMA: GANDHOK

Selain bangunan-bangunan yang terlah disebutkan terdahulu bangunan lain yang terdapat di dalam kompleks Pesanggrahan Ambarukma adalah Gandhok. Gandhok adalah ruangan yang dibangun di samping kanan dan kiri bangunan utama (Dalem Ageng). Dalam sistem rumah joglo bagian Gandhok umumnya digunakan sebagai ruang/kamar-kamar bagi anak-anak dari si empunya rumah.

PESANGGRAHAN AMBARUKMA: GANDHOK

Gandhok bagian kanan biasanya digunakan untuk anak laki-laki dan Gandhok bagian kiri digunakan untuk anak-anak perempuan. Oleh karena itu bangunan Gandhok dibuat seolah-olah mengapit bangunan Dalem Ageng. Posisi yang demikian itu menjadikan bangunan Gandhok dibuat menjadi seperti kembar dan keduanya menghadap langsung pada bangunan induk (Dalem Ageng). Demikian pula halnya dengan Gandhok di Pesanggrahan Ambarukma. Hanya saja Gandhok sebelah kiri (wetan/timur) di Pesanggrahan Ambarukma sekarang sudah tidak ada kali karena telah diperuntukkan bagi pembangunan sebuah hotel.

PESANGGRAHAN AMBARUKMA: GANDHOK

Gandhok di tempat ini dihubungkan dengan rumah induk. Untuk menghubungkannya dibuatlah sebuah lorong beratap tanpa dinding yang disebut sebagai doorlop. Letak doorlop ini berada di halaman Gadri. Doorlop dibuat dua buah dan berfungsi untuk menghubungkan Gandhok Kulon, Dalem Ageng, dan Gandhok Wetan. Selain itu, Gandhok Kulon juga dilengkapi dengan teras yang sekaligus berfungsi sebagai penghubung dengan Dalem Ageng/ Pringgitan.

PESANGGRAHAN AMBARUKMA: GANDHOK

Gandhok Kulon ini pada saat sekarang pada dinding bagian belakangnya berbatasan langsung dengan kompleks/gedung Ambarukma Plaza (Amplaz). Bangunan Gandhok di kompleks Pesanggrahan Ambarukma dulunya berbentuk huruf L. Akan tetapi Gandhok di bagian belakang rumah induk untuk saat ini sudah tidak ada lagi.

PESANGGRAHAN AMBARUKMA: GANDHOK

Bersambung

a.sartono

Sumber: BP3 Yogyakarta, 2008, Monografi Pesanggrahan-pesanggrahan Kraton Yogyakarta

PESANGGRAHAN AMBARUKMA: GANDHOK