Trisum
Konser Album Kedua

Trisum Konser Album KeduaTrisum Konser Album Kedua

Dalam rangka peluncuran album kedua Five In One, kelompok gitaris Trisum yang terdiri dari Dewa Budjana, Tohpati Ario Hutomo dan I Wayan Balawan kemarin menggelar konser di Rolling Stone, Jl.Ampera, Jakarta Selatan bertajuk Trisum Live In Concert. Trisum adalah proyek idealis yang digagas oleh Dewa Budjana dan Tohpati, pertama kali tampil di Taman Ismail Marzuki (TIM) pada tahun 2005, konser itu direkam dan kemudian dirilis menjadi sebuah album CD dan DVD. Berbeda dengan album perdana Trisum yang terdiri dari Dewa Budajana (gitar), Tohpati (gitar), Balawan (gitar), Eugene (flute/klarinet), Saat (suling) dan Sandy Winarta(drums), di album kedua sesuai dengan judul album Five In One ketiga gitaris handal tersebut semakin lengkap dengan hadirnya Indro Hardjodikoro (Bass) dan Yesaya Sumantri (Drum) yang keduanya memiliki jam terbang tinggi dalam bidang musik.

Trisum Konser Album Kedua

Konser malam itu dibuka dengan alunan instrumen oleh Budjana, Tohpati dan Balawan. Komposisi menarik dengan kelihaian serta ciri khas masing-masing pemain membuat penonton terdiam sambil sesekali tepuk tangan. Intrumen pembuka kemudian dilanjutkan dengan komposisi Unyil, Mejik Blue dan Nice To Be Around You, yang terdapat dalam album kedua Trisum. Ditengah konser Balawan yang berada di posisi tengah antara Budjana dan Tohpati sesekali berkelakar dengan mengatakan sedang mencoba bermain dengan gitar akustik yang sulit sehingga membuat jarinya sakit. Saya senang Trisum akhirnya sampai pada album kedua, saya banyak belajar terutama dari Budjana yang suka bikin komposisi ribet juga Tohpati yang sangat perfeksionis. Kalau lagi main tiba-tiba Tohpati melihat kearah saya, itu tandanya saya melakukan kesalahan, katanya sambil tertawa.

Trisum Konser Album KeduaTrisum Konser Album Kedua

Semakin malam semakin panas, mereka berlima menunjukkan kemahiran dalam bermusik dengan memainkan komposisi-komposisi yang unik dan sangat tidak sederhana. Bayangkan saja, tiga gitaris dengan keistimewaan sendiri-sendiri bergabung dalam satu komposisi musik, ditambah dengan semangat Indro dan Echa mencampuradukkan rock, jazz, fusion dalam satu komposisi. Pada akhirnya konser ditutup dengan lagu bertajuk Rahwana seperti yang sudah-sudah penonton belum mau konser itu berakhir, akhirnya mereka kembali membawakan lagu Cublak-cublak suweng dari album pertama mereka sambil menutup konser. Ada sembilan komposisi dalam album baru Trisum ini, Tohpati menciptakan "Five In One", "Rahwana", "Pulang". Budjana membuat Majik Blue dan Bubis. Balawan mendapat jatah All You Can Eat dan Love To Be Around You. Indro kebagian menciptakan Bread Jam Bread. Satu lagu lagi Unyil dari lagu tema serial Unyil mereka aransemen bersama.

Trisum Konser Album Kedua

Natalia S.