Kuliner

SOTO LENTHOK

SOTO LENTHOKOrang Jawa pasti kenal jenis makanan lenthok. Bahannya terbuat dari ketela kaspa yang sudah ditumbuk halus dan dibuat seperti kepalan tangan kemudian digoreng. Berbeda dengan ketela kaspa yang langsung digoreng dan disebut sebagai balok. Bahan ketela kaspa memang bisa dibuat bermacam jenis makanan. Seperti lenthok yang didalamnya dikasih gula jawa, namanya bukan lagi lenthok, melainkan cemplon.

Lenthok enak dimakan tanpa harus disertai jenis menu lainnya, setidaknya seperti pisang goreng. Namun, rupanya, lenthok bisa sekaligus sebagai kelengkapan jenis menu makanan lain.

Pastilah orang mengenal jenis menu soto. Di Yogya ada banyak jenis menSOTO LENTHOKu soto, misalnya soto ayam, soto babad, soto sapi, soto sulung, soto Kudus. Ini ada satu jenis menu soto yang memadukan antara soto dan lenthok, namanya diperkenalkan sebagai soto lenthok.

Di jalan Bantul, ada warung soto lenthok yang setidaknya sudah dikenal. Tulisan yang bisa dibaca pada papan namanya ‘Soto Lenthok Pak Sadari’. Warung soto lenthok ini sudah cukup lama, sekitar 16 tahun yang lalu soto lenthok mengambil tempat di jalan Bantul, di tepi jalan. Lokasinya strategis dan mudah sekali diakses. Meski tempatnya hanya menyewa, namun bisa bertahan sampai 16 tahun. Namun sekarang, warung soto lenthok ini berpindah disebelah kirinya, agak ke belakang sedikit, namun masih kelihatan dari jalan raya. Karena tempat SOTO LENTHOKyang lama tidak boleh disewa lagi, akhirnya soto lenthok membeli tanah disebelah kirinya dan dipakai untuk lokasi warungnya sekarang.

Ada yang berbeda dari umumnya soto di Yogya. Biasanya soto ayam, babad, atau soto sapi, selain ada kubis terdapat pula kecambah atau thokolan. Pada soto lenthok, tidak disertakan thokolan, melainkan hanya kubis, mihun, nasi, dan lenthok. Jadi, sepotong lenthok sebagai variasi.

Selain lenthok disediakan lauk lainnya, misalnya kepala ayam kampung, paha ayam, sate dan lainnya. Lenthok yang biasa dimakan sebagai cemilan, pada soto lenthok sekaligus difungsikan untuk lauk.

‘Makanan tempo doeloe’ begitulah yang dituliSOTO LENTHOKs dipapan nama, seolah hendak memberi kesan, soto lenthok merupakan jenis makanan yang ‘dikenal lama’ dan mungkin sudah mulai ‘dilupakan’.

Rasa gurih dari lenthok menyatu dengan rasa segar dari soto, yang juga memiliki unsur gurih. Karena itu, rasa gurih pada soto lenthok menjadi dominan. Ditambah dengan paha ayam, atau juga kepala ayam kampung, soto lenthok menambah rasa nikmat. Atau dalam bahasa yang dikenal, ‘rasanya nendang’

Berapa harga soto lenthok?

Tidak terlalu mahal. Satu mangkok soto lenthok ditambah kepala ayam kampung dan minuman, harganya hanya Rp. 17.000. Kalau ingin menambah lenthok lagi, satu butir lenthok harganya Rp 700,-.

Inilah soto lenthok. Perpaduan antara soto dan cemilan lenthok.

Makan yuk..!

Ons Untoro