Diskusi Foto TeMBI Rumah Budaya
Underwater eart Fotografi

Kamis, 1 Juli 2010 adalah rangkaian dialog atau diskusi fotografi yang diadakan oleh Tembi dan Lensamanual.net. Kali ini tema yang diangkat adalah underwater art fotografi. Sejak awal, saya berpikir underwater fotografi adalah foto yang diambil dari dalam laut, yang kedalamannya bisa beragam. Foto yang diambil pun setahu saya kebanyakan model dan keindahan didasar laut, memang butuh keahlian yang cukup untuk bisa mendapatkan hasil yang sempurna, karna selain butuh pengaturan cahaya yang baik, model atau objek yang diambil tak bisa dengan mudah difoto sesuai keinginan.

Tapi malam diskusi bersama, Heru Suryoko kemarin rasanya berbeda, selain dia menjelaskan tentang foto dari bawah laut yang berbeda, dia juga memperlihatkan hasil underwater foto miliknya yang berbeda dengan yang lain. Heru mengaku lebih suka berkreasi dengan dengan objeknya, dengan kata lain sebelum menyelam atau mengambil gambar, Heru lebih dulu fokus pada membuat konsep sebelum mengeksekusi objek yang akan difoto. Kebanyakan saya kalau menyelam mencari angle yang tidak biasa, karna itu setiap ada lomba foto underwater foto saya nggak pernah menang katanya sambil tertawa.

Nah bicara fineart fotografi, adalah sebuah foto yang hasilnya seperti lukisan dituangkan dalam karya foto dan memiliki nilai estetika tinggi. Jadi bukan hanya dari segi warna dan lighting yang digunakan tetapi konsep foto yang sejak awal sudah dibentuk, itu menurut Heru. Kalau kebanyakan journalist capture mendapat hasil yang baik dengan menunggu momen, atau capture moment saat menyelam, nah saya tidak punya kemampuan itu, saya lebih terlatih mengcreate apa yang mau saya ambil, tambahnya.

Satu lagi tips dari Heru, untuk mendapatkan karya foto underwater fineart, tidak perlu jago menyelam atau mengambil foto dari dasar laut, contohnya untuk mendapatkan foto ikan cupang yang dipamerkan, Heru cukup membambil foto dari dalam aquarium kecil miliknya. Tak hanya itu untuk mengetahui efek rambut dalam air, Heru mencoba menenggelamkan boneka barbie didalam aquarium. Kuncinya kita harus tahu bagaimana karakter air, selama saya bisa memanfaatkan karakter air, dan berkreasi dengan air seperti misalnya dengan refleksi saya rasa hasilnya tetap bagus. Dan apakah hasil foto tersebut termasuk dalam kategori underwater fotografi? Objeknya tentu iya, malah fotografer fineart skala internasional banyak menggunakan kolam untuk memotret objeknya tukas Heru.

Jadi menciptakan atau membuat foto fineart memang tidak mudah, butuh konsentrasi, ide, waktu yang tidak sebentar untuk menciptakan suatu karya yang indah, mengandung arti dan memiliki nilai estetika tinggi. Dan menurut Heru, peluang fotografer fineart masih sangat besar karna tidak terlalu banyak saingan. Jadi seperti yang Heru bilang diatas, jika ingin menjadi fotografer yang mahir dibidang ini, pertama tidak bisa didapat instant, harus dengan gagasan, atau ide awal baru mengeksekusi objek, selamat mencoba.

Natalia
Foto-foto: Concerttee.com, MichaelAW.com