Nora & Kuple Exhibition
Harapan Lewat Gambar

Sekumpulan mahasiswa lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang tergabung dalam kelompok Stuluk Berwarna, dua diantaranya kembali berpameran di Tembi Rumah Budaya. Nora Hestiana dan Ahsan Ahmad berkolaborasi dalam satu tema pameran, Prayer. Meski keduanya sepakat, berbicara tentang harapan lewat karya-karyanya, keduanya mengekspresikan isi hati dalam berkarya lewat sebuah proses penciptaan dengan konsep yang sama namun dengan gaya yang berbeda, pemikiran mereka tentang doa yang merupakan sebuah harapan masing-masing diutarakan melalui sebuah fantasi kehidupan pada ilustrasi awan biru dan pekatnya gelap dalam setiap ruangan.

Karya-karya Nora, berjudul Close To Door, Quiet, Dream dan Hope dan karyanya yang lain dibuat dengan penuh warna, dominan warna biru yang diibaratkan awan adalah cara Nora mempersepsikan apa itu harapan dan doa, ditambah lagi, beberapa karyanya dibuat tiga dimensi, atau timbul menggunakan tehnik clay. Warna dari karya-karya Nora sangat tajam dan menyejukkan, sebuah harapan yang terkadang sulit didapat dan tidak mungkin didapat dengan instant. Berbeda dengan Nora, Ahsan Ahmad yang akrab disapa Kuple justru lebih senang menggunakan warna-warna gelap yang terkesan suram. Beberapa karya Kuple memberi kesan menakutkan dan dramatis.

Kesan gelap pada karya-karya Kuple punya cerita sendiri, dari delapan karyanya ia merunutkan tiap karya menjadi satu cerita. Misalnya pada karyanya berjudul Terlahir, terpapar sebuah gambar bayi baru lahir yang terbungkus bayangan gelap. Kemudian menjadi dewasa dan berusaha merangkak menuju sebuah lorong, setelah sampai didalam ruangan dia terhimpit dalam sebuah ruang yang amat sempit, merenung dan ada Bias Cahaya yang menerangi, sampai akhirnya Kuple menggambarkan sosok seseorang dengan posisi bersujud berdoa dan meminta dengan sedikit cahaya diatas kepalanya menggambarkan sedikit harapan. Karya Kuple adalah sesuatu yang lahir dari harapan dan doa yang akan terjawab meski tidak terjawab dengan cepat, melainkan butuh proses.

Warna-warna gelap dan terang milik mereka berdua sama-sama bicara tentang proses hidup yang akan mengalami pengalaman positif dan negatif. Setiap orang memiliki harapan, dan menurut Nora dan Kuple, inti dari sebuah harapan dalam kesempatan adalah menikmati doa tersebut bahwa hidup sangatlah indah.

Natalia