"Cerita dan Diskusi Fotomu"
Menggali Makna Dibalik Foto

Acara ini dilangsungkan pada hari Jumat, 30 April 2010 di Galeri Tembi Rumah Budaya. Dihadiri oleh sekitar 10 orang penggemar fotografi yang ingin saling berbagi cerita dan pengalaman dalam berfoto ini, berlangsung dalam suasana santai namun tetap menjaga semangat untuk saling belajar. Sehingga acara yang dimulai pada pukul 20.30 ini baru berakhir pada pukul 23.00... wah lama juga ya..?

Acara dibuka dengan pembahasan foto dari masing-masing peserta. Satu persatu peserta menunjukkan hasil foto dan bercerita tentang detail dari karyanya. Salah satu contoh adalah foto karya Indra Maulana yang berjudul Bermain Gelembung Balon. Indra menjelaskan tentang latar belakang pengambilan foto, kenapa foto ini ingin ditampilkan, pemilihan judul foto, dan mengapa foto diolah menjadi hitam putih dengan isolasi warna di gelembung balon dan lain-lain.

Setelah itu peserta lain pun turut berkomentar tentang foto ini. Ada yang memberikan masukan tentang timing pengambilan foto yang agak terlalu cepat, ada yang berkomentar tentang ekspresi si anak dalam foto, masukan tentang background yang ada dalam foto, dan lain-lain. Semua bisa berkomentar untuk memberi masukan, penghargaan dan kritikan sesuai dengan pengalaman dan pandangan masing-masing fotografer. Disini peserta belajar untuk menilai dan menghargai karya foto serta belajar untuk lebih terbuka menerima pendapat orang lain tentang hasil karyanya.

Walaupun pada pengumuman acara sudah dianjurkan untuk membawa hasil cetak foto sebagai bahan diskusi, tetapi ada beberapa teman yang belum mempersiapkan hasil cetak fotonya. Tetapi ini tidak menghalangi semangat para peserta untuk membahas hasil foto. Bahkan hasil foto yang ditampilkan di layar ponselpun tetap dibahas, walaupun tidak maksimal. Diskusi malam itu juga membahas beberapa hal seperti bagaimana gaya fotografer mempengaruhi hasil foto, bagaimana mengembangkan gaya ataupun karakter, pola pikir seperti apa yang harus dipersiapkan sebelum hunting foto, dan lain-lain.

Dengan ditemani angkringan dari Sugeng Jabrik yang selalu mangkal di depan Galeri Tembi Rumah Budaya setiap hari kerja, acara diskusi ini ditutup dengan beberapa usulan seperti membuat acara seperti ini tiap 2 minggu sekali, mengundang pakar-pakar fotografi, hunting dan diskusi langsung hasilnya, dan lain-lain.

TRB Photography berterima kasih kepada Ary si Ary, Valdy, Aga, Adi Prayogi, Irdhan, Yerro, Anton, Boyke, Tigor, Indra dan teman-teman lain yang telah hadir di acara ini serta memberikan masukan agar acara berikutnya dapat berjalan dengan lebih baik. Tidak lupa kepada Sugeng Jabrik yang tetap setia menemani dengan menu angkringannya yang nikmat....

Sampai bertemu dua minggu mendatang...!

-idr-