Prosesi Pernikahan Agung Keraton Yogyakarta
23 Oct 2013 Upacara AdatProsesi Pernikahan Agung Keraton Yogyakarta
Rangkaian prosesi adat pernikahan akan diawali dengan acara Nyantri, yaitu acara menyambut kedatangan pengantin di lingkungan keraton. Bagi pengantin laki-laki diselenggarakan di bangunan Gadri di kompleks Kasatriyan yang ada di timur halaman keraton sisi dalam.
Pemasangan bleketepe
Bagi keraton kesaklaran adat pernikahan salah satunya terletak pada kesunyian suasana selama prosesi dijalankan. Hal tersebut terkait dengan nilai filosofi keberadaan keraton berikut isi keseluruhannya. Secara fisik bangunan keraton merupakan replika makro kosmos dalam perspektif kosmogoni.
Gedhong Prabayeksa yang dulu menjadi tempat tinggal seorang sultan yang bertahta merupakan replika dari Gunung Mahameru yang menjadi pusat alam semesta. Bangsal Kencana adalah representasi keraton Dewa Indra, pemimpin para Dewa di Suralaya.
Pun adat tradisi budaya yang berlaku di dalamnya merupakan representasi adat budaya yang berlaku di surga para dewa, baik dalam segi busana, tutur kata, seni tari maupun dalam hal tata upacara. Terlebih secara filosofis, keberadaan seorang sultan di dunia nyata ini tiada lain menjadi wakil dari Hyang Maha Agung dalam menghadirkan tata kelola dunia layaknya tata kelola yang ada di surganya para dewa.
Hal tersebut menjadikan seorang sultan sebagai centre of the universe. Di situlah letak makna filosofis hakiki yang dicoba untuk terus dipertahankan keberadaannya. Hal tersebut menjadi penting, karena secara prinsip menjadi bagian dari jati diri budaya Jawa.
Pendongan, pengantin putri dibopong oleh penganti pria
dan seorang bangsawan, foto: Repro dok keraton
Rangkaian prosesi adat pernikahan akan diawali dengan acara Nyantri, yaitu acara menyambut kedatangan pengantin di lingkungan keraton. Bagi pengantin laki-laki diselenggarakan di bangunan Gadri di kompleks Kasatriyan yang ada di timur halaman keraton sisi dalam. Untuk pengantin perempuan berada di bangsal Sekar Kedaton yang ada di sisi barat daya Gedhong Prabayeksa.
Acara siraman. Inti acara adalah memandikan pengantin dengan air bunga, simbol penyucian raga dan jiwa. Siraman dilakukan lebih dulu pada pengantin perempuan di kompleks Bangsal Sekar Kedaton, kemudian disusul siraman padapengantin laki-laki di Gedhong Kompa, masih si lingkungan Kasatriyan.
Acara majang dan tarub di beberapa tempat. Majang berarti menghiasi dengan aneka macam kain seperti sindur, bangun tulak, pandhan binethot, pancing tawa dan juga aneka macam lurik (kluwung, sulur ringin, gedhong madu, pliwatan, tuluhwatu, pali, dringin), pethakan serta lotrek. Tempat yang dihiasi yaitu Bangsal Prabayeksa, Sekar Kedatonan dan Kasatriyan. Disiapkan juga janur plangki dan kembar mayang.
Sedangkan tarub berarti menghiasi beberapa tempat dengan janur, dan aneka macam perlengkapan seperti tebu, pisang, dedaunan maupun buah kelapa. Lokasinya antara lain di Tratag Pagelaran, Bangsal Pacikeran, Tarub Agung, Regol Brajanala, Bangsal Ponconiti, Regol Keben, Bangsal Trajumas, Regol Danapertapa, Kuncung Tratag Bangsal Kencana, Regol Kasatriyan, Bangsal Kasatriyan, Gedhong Kompa, Srikaton, Purworukmi maupun Regol Kemagangan. Juga pemasangan bleketepe di atas Kuncung Tratag Bangsal Kencana.
Dhahar walimahan, perkawinan GKR Bandara
Acara Tantingan dan midodareni. Inti acara yang diadakan di Gedhong Prabayeksa sisi timur itu adalah pernyataan kesanggupan pengantin putri untuk menikah di hadapan sultan dan petugas keagamaan. Dilanjutkan penandatangan surat nikah yang sudah disiapkan kepala kantor KUA Kecamatan keraton. Sedangkan pada acara Midodareni, sultan memeriksa kesiapan acara dan melihat keadaan pengantin perempuan dan laki-laki.
Acara Ijab Kabul bagi pengantin laki-laki di Masjid Panepen yang ada di sisi barat Gedhong Prabayeksa. Dengan inti acara pernyataan kesanggupan pengantin laki-laki untuk menikah dan penandatangan surat nikah.
Acara Panggih di Bangsal Kencana sisi Timur, berupa prosesi bertemunya pengantin, yang didahului acara balang-balanganan (saling lempar) bantal. dilanjutkan memecah telur ayam Jawa oleh pemimpin upacara. Telur menjadi simbol awal mula adanya kehidupan. Kemudian pengantin perempuan mencuci kaki pengantin laki-laki, sebagai simbol sikap bakti istri kepada suami. Acara diakhiri dengan pondhongan. Pengantin laki-laki dibantu salah satu bangsawan mengangkat pengantin wanita dan berjalan menuju depan Gedhong Prabayeksa untuk menerima ucapan selamat dari para tamu yang hadir.
Acara Tampa Kaya dan Dhahar Walimahan berlangsung di Kompleks bangunan Kasatriyan. Dalam acara Tampa Kaya pengantin laki-laki memberikan kantung berisi uang simbol dari biaya hidup keluarga yang nantinya akan diberikan suami kepada istri. Sedangkan dalam acara Dhahar Walimahan, pengantin berdua masing-masing makan tiga sendok makanan yang sudah disediakan. Jika diamati dengan seksama maka akan nampak beda dengan tradisi yang ada di luar tembok keraton. Karena di luar, pengantin berdua saling menyuapi.
Pengantin melakukan kirab dengan kereta, perkawinan GKR Bandara
Acara Pahargyan didahului acara kirab. Zaman dulu hanya berlaku bagi putri sulung Sultan dengan mengelilingi beteng keraton. Namun kini diberlakukan untuk putri Sultan yang lainnya. Dalam acara Pahargyan, selain disuguhi aneka makanan, para tamu juga disuguhi tari Bedhaya Manten dan Beksan Lawung.
Keseluruhan rangkaian prosesi adat pernikahan ditutup dengan acara Pamitan. Simbol pengantin mulai menapaki hidup sendiri di luar lingkungan keraton.
Naskah & foto:Hugo M Satyapara
Source Link: JakartaBaca Juga
- 13-02-14
Siwur, Alat Dapur dari Tempurung Kelapa (1)
Aneka Rupa Siwur, Alat Dapur dari Tempurung Kelapa (1) Pencatatan siwur di kamus tersebut menandakan bahwa jauh sebelum tahun itu, siwur... more » - 13-02-14
Rumah Joglo Kuno di Ngibikan, Bantul
Situs Rumah Joglo Kuno di Ngibikan, Bantul Rumah Joglo Ngibikan awal mulanya didirikan oleh Lurah Secodipo. Tidak diketahui dengan pasti... more » - 13-02-14
Arjuna (5) Perkawinan Arjuna Supraba
Figur Wayang Arjuna (5) Perkawinan Arjuna Supraba Lama ditunggu, akhirnya kesempatan pun datang. Dengan ilmu memanah tingkat tinggi,... more » - 12-02-14
Sego Ireng Lombok Ijo nan Sedap dan Sehat
Makan yuk ..! Sego Ireng Lombok Ijo nan Sedap dan Sehat Daun pepayanya meski terasa sedikit pahit, tapi pahit yang enak. Orang... more » - 12-02-14
Aja Blereng Marang Bandha
Bothekan Aja Blereng Marang Bandha Pepatah ini bermakna nasihat agar orang jangan mudah silau pada kekayaan dan harta benda. Sebab... more » - 12-02-14
Ngajogjakarta Hadiningrat. Djilid satoenggal
Naskah Kuno Judul : Ngajogjakarta Hadiningrat. Djilid satoenggal Penulis : A.S. Dwidjasaraja Penerbit : Mardi-Moelja, 1935,... more » - 11-02-14
Idud Dwi Nugroho Melahirkan Aneka Alat Musik nan Prima
Temen Idud Dwi Nugroho Melahirkan Aneka Alat Musik nan Prima Penabuh drum kenamaan Gilang Ramadhan, sebagai salah satu kolektor dan pengguna alat... more » - 11-02-14
Foto Bersama Pocong di Malioboro
Yogyamu Foto Bersama Pocong di Malioboro Cari uang dengan model pocong memang merupakan modus operandi baru di Malioboro. Mereka... more » - 11-02-14
Lukisan dan Gambar Karya Dwi Setianto di Sangkring Art Project
Berita Budaya Lukisan dan Gambar Karya Dwi Setianto di Sangkring Art Project Semuanya, mulai dari warna, visual, media dan juga tinta,... more » - 10-02-14
Pasinaon Basa Jawa Kaping Rong Atus Sewidak Loro Edhisi Mirunggan: 10 Februari 2014
Pasinaon basa Jawa Pasinaon Basa Jawa Kaping Rong Atus Sewidak Loro Edhisi Mirunggan: 10 Februari 2014 Dibandingkan dengan zaman dulu, tataran... more »
Artikel Terbaru
- 23-01-16
Penuntun Manusia Men
Judul : Weddha Brata (Panuntun. Jilid II) Penulis : Mas Sajimin Prawiraatmaja Penerbit : TB... more » - 23-01-16
Selasa Kliwon Hari B
Perhitungan ini berdasarkan perhitungan primbon Panca Suda. Panca = lima, suda = dikurangi. Lima dikurangi satu sama dengan empat. Ada empat... more » - 23-01-16
Jose Rizal Manua, Pe
Jose panggilannya, dari nama lengkap Jose Rizal Manua, adalah nama yang cukup dikenal di kalangan teater dan sastra. Selain karena aktif di teater... more » - 22-01-16
Gunungan Sebagai Pe
Dinamakan gunungan karena bentuknya menggambarkan gunung. Gunungan disebut juga kayon, artinya pohon. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar... more » - 22-01-16
Awalnya besi yang di
Supriyadi yang rambutnya memutih, terus mengayunkan palu, memukul besi membara yang dicapit kuat. Percikan api melesat kesana kemari. Adu palu (... more » - 21-01-16
SMAN 1 Sleman Singga
Setelah rombongan SMA 1 Mejobo Kudus meninggalkan Tembi, Selasa, 12 Januari 2016, rombongan SMAN 1 Sleman yang berjumlah sekitar 190 siswa dan... more » - 21-01-16
Berbagi Ilmu Tata Pa
Masih ingat kesuksesan pementasan kolosal yang mengangkat kebudayaan Indonesia, “Matah Ati” yang kemudian dipentaskan di Singapura dan Kuala... more » - 20-01-16
Potret Keindahan Ind
Mencintai Tanah Air yang diperlukan bukan slogan dan celotehan tapi bagaimana mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat, begitu kira-kira hal... more » - 19-01-16
Konser Perkusi, Aksi
Suguhan aksi Kelompok Studi Perkusi (Kesper) berhasil menyita perhatian para penonton. Dengan menampilkan suguhan yang atraktif membuat ... more » - 19-01-16
Sistem Religi Bonoke
Judul : Sistem Religi Komunitas Adat Bonokeling, di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas Penulis : Bambang... more »