Tembi

Makanyuk»SOTO KWALI

30 Aug 2010 11:57:00

Makan yuk ..!

SOTO KWALI

Pergi kemana saja ke wilayah Yogyakarta. Di wilayah kota maupun dipinggiran kota. Tidak perlu takut menderita lapar, setidaknya, dibanyak tempat mudah sekali menemukan warung soto. Ada bermacam sebutan warung soto. Ada yang menyertakan nama daerah, atau setidaknya memberikan kesan daerah di luar Yogya, misalnya soto Madura, atau soto sulung. Ada juga soto Sukaraja. Soto Kudus dan sejumlah nama lainnya.

Untuk soto Yogya memang tidak ada yang menyebut atau menamakan dirinya sebagai soto Yogya. Biasanya menyebut nama kampung, atau nama orang yang menunjukkan sebagai orang Yogya, atau setidaknya dikenali sebagai nama Jawa, misalnya soto Pak Marto. Soto Bu Mul. Atau juga menyertakan nama kampung, misalnyasoto Kadipiro. Untuk menegaskan bahwa masih bagian dari soto Kadipiro, meski lokasi warungnya di wilayah Bantul, masih menyebut dirinya sebagai soto Kadipiro.

Ini ada satu nama lain, yang tidak menyertakan nama kampung atau nama orang sebagai nama warung, tetapi menyertakan salah satu peralatan yang dipakai untuk tempat soto. “Soto Kwali” demikianlah nama warung soto ini. Formulanya sama dengan soto pada umumnya, hanya yang dipakai tempat untuk memasak soto namanya kwali. Maka, warung sotonya menamakan dirinya sebagai ‘Soto Kwali’. Kata kwali menunjukkan yang khas dari Yogya. Karena itu soto kwali, ‘hanya’ ada di Yogya.

Tidak banyak soto kwali di Yogya. Dibandingkan dengan jenis soto yang bukan kwali, soto kwali hanya ada beberapa, misalnya di Kuncen, di jalan Wates dan di Tungkak. Soto kwali yang di Tungkak ini merupakan cabang dari soto kwali yang ada di Kuncen.

Kata kwali sekedar untuk membedakan dengan panci. Karena biasanya, alat memask soto menggunakan panci. Pada soto kwali, memang khas dari orang Jawa, dalam hal ini orang Yogya, dulu ketika memasak, bukan hanya soto, menggunakan kwali. Untuk membedakan dari panci, kwali menjadi indentitas soto. Seolah, soto kwali memberi kesan lokal.

Meski cara masaknya tidak ada yang membedakan, demikian juga sayuran yang ada di dalam soto kwali sama dengan soto pada umumnya. Ada kubis, tokolan, seledri, tomat dan tentu saja daging. Pada soto kwali dagingnya menggunakan daging sapi. Jadi, kalau disebut lengkap ‘Soto kwali daging sapi’.

Adakah rasa yang membedakan antara soto kwali denga jenis soto lainnya yang berasal dari Yogya?

Rasanya tidak ada yang membedakan. Perpaduan antara gurih dan pedas memberikan rasa yang nikmat, dan hampir semua soto memiliki dua perpaduan itu. Untuk rasa manis, biasanya disediakan empal bacem goreng, atau usus bacem goreng. Pendeknya, daging bacem goreng disediakan untuk melengkapi rasa gurih dan pedas yang ada pada soto.

Soto kwali juga menyediakan hal yang sama dengan soto ‘Yogya’ umumnya. Hanya kata kwali, yang barangkali memberikan kesan eksotis, seolah memang soto dari dunia masa lalu di Jawa.

Anggap saja, untuk menengok rasa kangen pada masakan yang menggunakan alat masaka tempo doloe, soto kwali mungkin bisa dipakai sebagai pintu masuk berimajinasi.

Ons Untoro


Artikel Lainnya :


Radio KombiRadio Kombi [ ON AIR ] Sign Up| Lost Password
What is Kombi?
Bale Inap Bale Dokumentasi Bale Karya Bale Rupa Yogyakarta