KURSUS MACAPAT DURMA Gladhen 20

Author:editorTembi / Date:19-07-2014 / Pada bagian ini, serat Centhini mengisahkan kehidupan warok di daerah sekitar Ponorogo. Yaitu kebiasaan para warok memamerkan kesaktian di hadapan orang banyak, untuk kemudian saling beradu.

Tembang Durma dengan jenis lagu Palaran kali ini dipilih sebagai materi gladhen atau latihan macapat dengan nada Pelog pathet barang. Tembang Durma Palaran biasanya ditembangkan dengan iringan gamelan, sehingga cara nembangnya kewengku (dalam bingkai) irama gamelan.

Tembang Durma mempunyai struktur baku, dengan perincian sebagai berikut:

Syair dalam satu bait berjumlah tujuh baris. Ketujuh baris tersebut dalam istilah tembang macapat disebut ‘pada.’ Sedangkan masing-masing baris disebut ‘gatra’

Gatra pertama, terdiri dari 12 guru wilangan, (suku kata) dengan guru lagu(akhiran) legena(a) 
Gatra kedua , terdiri dari 7 guru wilangan, dengan guru lagu wulu (i) 
Gatra ketiga, terdiri dari 6 guru wilangan, dengan guru lagu legena 
Gatra keempat, terdiri dari 7 guru wilangan, dengan guru lagu nglegena 
Gatra kelima, terdiri dari 8 guru wilangan, dengan guru lagu wulu 
Gatra keenam, terdiri dari 5 guru wilangan, dengan guru lagu nglegena 
Gatra ke tujuh, terdiri dari 7 guru wilangan, dengan guru lagu wulu

Berikut dituliskan materi tembang untuk gladhen yang mengambil dari serat Centhini jilid 4 Pupuh 293:

2. Jathilane suka sami sêsêndhonan 
canthoka gung ing wukir 
kakang kawispita 
sarpa ponthang wisarda 
aja sumêlang yèn lalis 
ngandêla marang 
papasthèning ngaurip

3. Jathilane Singanêbah 
gya manêmbang 
babo gêmblakan mami 
tirong lit dhompolan 
yèn nganti kasorana 
kadi paran solahmami 
lamun mangkana 
kambang-kambang nggonmu sih

4. Warok gêgêk kaliye dupi miyarsa 
panggasahe kang jathil 
asru mangkrak krura 
nêbih kang sami cêlak 
nanging tan ana ngromèsi 
ayêm sadeyan 
rukêt warok kakalih

5. Sami pêdhot napase sarêng ambruknya 
ndhoko satêngah mati 
jathilan tan pisah 
èngêt Ki Kramaleya 
myat mungsuhe anggalinting 
alatah-latah 
cikrak-cikrak ngidêri

6. Sumbar-sumbar sira wus modar têmênan 
mangsa uripa maning 
kok kira antaka 
dhèk mau raganingwang 
ngragasukma jatinèki 
nglarak nyawanta 
lan nyawane si jathil

7. Wus dakêrut anèng kayu dhingdhing-jalal 
nadyan uripa maning 
nyawa sasiliyan 
Kramaleya wus kesah 
jêjogèdan sirik-sirik 
kasorot arka 
gêbyar-gêbyar mblêrêngi

8. Singanêbah wus waluya malangkadhak 
angguguk mbêngok angling 
jidhèt Kramaleya 
sirna sabêbathangnya 
nggonku pindha wong ngêmasi 
marak wak Brama 
myang marêk paman Angin

9. Nyuwun gungan ngobong bathange si Leya 
awune paman Angin 
kang duwe bubuhan 
iki wus kalêksanan 
kacihna agasik rêsik 
gya lincak-lincak 
gela-gelo lumaris

10. Mas Cêbolang miwah santrinya sakawan 
samya suka tan sipi 
nyêbut astapirlah 
têka datan anyimpang 
kadi caritane kyai 
warok gêndhungan 
gêmblung dak êdir baring

11. Sampun wangsul mring Sêlaung Mas Cêbolang 
lawan sarencangnèki 
njujug pamondhokan 
sabên kalane wêkdal 
tanapi sunggatanèki 
wanci tan ewah 
kadi duk wingi uni

Pada bagian ini, serat Centhini mengisahkan kehidupan warok di daerah sekitar Ponorogo. Yaitu kebiasaan para warok memamerkan kesaktian di hadapan orang banyak, untuk kemudian saling beradu.

Keterangan: notasi tembang yang ditulis di atas memakai nada gamelan Jawa (nada Pentatonik). Biasanya instrumen gamelan yang untuk ninthing atau membidik nada adalah Gender Barung.

Pentatonik                             Diatonik
Gamelan Pelog Barang         Piano/Gitar

1 (ji)                                 = 6 (la) 
2 (ro)                                = 7 (si) 
3 (lu)                                = 1 (do) 
4 (pat)                              = 2 (re) 
5 (ma)                              = 3 (mi) 
6 (nem)                            = 4 (fa) 
7 (pi)                               = 5 (sol)

Herjaka HS

Pasinaon Tembang Macapat

Latest News

  • 21-07-14

    Jatayu, Garuda yang

    Dengan sisa-sisa keperkasaannya Jatayu berhasil merebut Dewi Sinta dari tangan Rahwana. Namun yang membuat hatinya kecewa adalah kata-kata ketus dari... more »
  • 21-07-14

    Masjid Keraton Banyu

    Sumber setempat juga menyebutkan bahwa Masjid Keraton Banyusumurup mula-mula didirikan untuk melengkapi keberadaan makam Pangeran Pekik yang terletak... more »
  • 21-07-14

    Kegembiraan Mahasisw

    Sekelompok mahasiswa-mahasiswi dari The National University of Singapore yang menginap di Tembi mencoba bermain gamelan dalam arahan para pemandu... more »
  • 21-07-14

    Diplomasi Kebudayaan

    Judul : Diplomasi Kebudayaan. Konsep dan Relevansi Bagi Negara Berkembang. Studi kasus Indonesia  Penulis : Tulus Warsito, Wahyuni... more »
  • 19-07-14

    Orang Wuku Medhangku

    Orang wuku Medhangkungan pandai bicara, mantap pendiriannya, penuh syukur, besar rasa kebersamaannya. Ia juga hemat dan pandai mengatur ekonomi.... more »
  • 19-07-14

    I Gusti Ngurah Rai P

    Pada pertempuran 20 November 1946 itu, akhirnya I Gusti Ngurah Rai bersama dengan teman-temannya yang berjumlah 1.372 orang, gugur di medan perang... more »
  • 19-07-14

    KURSUS MACAPAT DURMA

    Pada bagian ini, serat Centhini mengisahkan kehidupan warok di daerah sekitar Ponorogo. Yaitu kebiasaan para warok memamerkan kesaktian di hadapan... more »
  • 19-07-14

    Richard Irwin Meyer,

    Sejak memutuskan untuk menjadi seniman Indonesia, ia meninggalkan posisi sebelumnya sebagai art historian. Hal tersebut dilakukan karena ia sudah... more »
  • 18-07-14

    Rendang Jawa Ala Maj

    Resep masakan tradisional Jawa di majalah ini ditulis oleh Pujirah dalam rubrik “Jagading Wanita”. Isi Majalah Kajawen tersebut sekitar 90 % ditulis... more »
  • 18-07-14

    Misteri Perempuan An

    Cara dan konsep visualiasi karya-karya Angga ini menunjukkan kepekaannya terhadap perempuan. Ia menyadari kemisteriusan perempuan, dan mencoba... more »