Logo Tembi Radio KombiRadio Kombi [ ON AIR ] Change Language: bahasaIndonesia | english usEnglish| RSS Tembi

Makanyuk»AYAM PANGGANG 3 BERKU

23 Aug 2010 11:55:00

Makan yuk ..!

AYAM PANGGANG 3 BERKU

Ada banyak menu ayam dengan beragam nama atau istilah. Yang paling banyak ditemtukan adalah ayam bakar, ayam panggang, ayam goreng, ayam kentucy. Pada tiga jenis menu itu mudah sekali ditemukan disatu rumah makan. Artinya, satu rumah makan menyediakan sekaligus ayam goreng, bakar dan panggang. Tentu saja dengan spesifikasi dari masing-masing warung. Bahan bakunya sama, yakni ayam. Tapi cara mengolahnya berbeda, sehingga menghasilkan rasa yang berlainan dari masing-masing warung. Ada warung yang hanya menyediakan ayam potong. Ada juga yang menyediakan ayam kampung. Atau kedua-duanya disediakan oleh satu rumah makan atau warung, termasuk warung tenda.

Ini ada satu rumah makan, yang seolah mengkhususkan dirinya menyediakan ayam panggang, setidaknya kalau dilihat dari nama tempatnya “Ayam Panggang 3 Berku”. Namun pada list menu yang tersedia, terdapat juga ayam bakar maupun ayam goreng. Pilihannya pun bisa diambil, ialah ayam utuh atau separo, atau model paket. Atau juga memilih salah satu potong, misalnya paha.

Dilihat dari ‘hasilnya’, ada cara mengolah yang berbeda dengan ayam goreng atau panggang dan bakar pada umumnya. Pada “Ayam Panggang 3 Berku’ seperti menggunakan santan untuk memasaknya, sehingga hasilnya memberikan rasa gurih, dan bahkan sangat gurih. Kelezatan rasanya membuat orang ingin kembali untuk datang menikmatinya.

Lokasinya ‘Ayam Panggang 3 Berku’ mudah sekali dicari. Disebelah timur perempatan muja-muju, yang sering dikenal dengan sebutan ‘Perempatan SGM’. Persisnya di jalan Kusumanegara 185, Yogyakarta. Dari perempatan SGM ke timur sedikit, sekitar 100 m. Disebelah utara jalan, akan terlihat papan nama ‘Ayam Panggang 3 Breku’.

Kenapa namanya ‘3 Berku?’

Entahlah. Tapi cerita dari pelayan warungnya, disebutkan merupakan singkatan dari 3 nama anak pemiliknya. Namun, ada pelayan yang lain menafisrkan sendiri. Berku artinya berkualitas. Dan tiga nama dari anak pemilik warung namanya Bernadetha. Barangkali karena nama itulah, kemudian kata ‘3 Berku’ dipakai.

Apalah artinya nama, yang penting rasanya enak dan membuat orang ‘ketagihan’ untuk datang, sehingga dengan sendirinya nama akan terbawa, dan sekaligus tenar. Rasanya ‘3 Berku’ seperti itu. Hasil masakannya enak dan namanya juga (mulai) dikenal secara luas. Meski, rumah makannya tampaknya sepi, tapi rupanya banyak yang membeli dibawa pulang dan pesan untuk diantar. Karena itu, kalau mencoba makan disana, meski sepi, harus tetap menunggu. Memang tidak lama menunggunya.

Memesan paket ayam panggang, memang tidak mahal, hanya Rp 15.000 sudah termasuk nasi. Hanya tambah pilihan jenis minuman Juice seharaga Rp 7000, atau minuman lain. Harga paket tersebut, selain paha, sudah termasuk sate usus. Sambalnya pun ada dua jenis, sambal usus yang rasanya gurih dan sambal lombok ijo, yang pedasnya cukup.

‘Ayam Panggang 3 Berku” tampaknya cita rasa khas ayam dari Yogya, perpaduan gurih dan manis dan tersedia juga sambal.

Ons Untoro


Artikel Lainnya :


Bale Inap Bale Dokumentasi Bale Karya Bale Rupa Yogyakarta